Select Page

aa

Setelah kemarin menerima kunjungan Menteri Pertanian di Kec. Pangkur dalam rangka panen padi hibrida. Kabupaten Ngawi kembali terima kunjungan kerja Komisi C DPRD Kab. Batang tentang sitem pengelolaan pertanian yang dilaksanakan di ruang rapat Bhina Bhakti Praja, Jumat (28/10).

Kujungan kerja kali ini diterima oleh Asisten Pemerintahan Budiono beserta SKPD terkait dalam melayani kunjungan DPRD Kab. Batang. Budiono yang mewakili Kab. Ngawi dalam hal ini membacakan sambutan dari Sekretaris Daerah Siswanto yang dalam isinya selamat datang kepada anggota DPRD Kab. Batang yang telah melakukan kunjungan kerja di Kab. Ngawi. Serta menyampaikan letak geografis Kab. Ngawi. Dan sesuai dengan teman kunjungan komisi C DPRD Kab. Batang yang bermaksud menggali informasi tentang pertanian di Kab. Ngawi.

Dalam hal ini Pemerintah Kab. Ngawi melalui Perda No. 11 Tahun 2012 telah mengatur tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B). Untuk sektor pertanian Kab. Ngawi telah dilakukan peningkatan mutu produksi komoditas padi salah satunya melalui penerapan teknologi sesuai anjuran dan peningkatan mutu produk melalui penanganan pasca panen. Selain itu Pemerintah juga melakukan upaya dalam mencegah hama penyakit antara lain memberikan pelatihan terhadap petani. Dari sektor pertanian Kab. Ngawi juga setiap tahun menyumbang terhadap PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) sekitar 37-39 % yang setiap tahunnya cenderung meningkat. Serta dalam meningkatkan produksi pertanian di Kab. Ngawi, “Pemerintah selalu memantau kegiatan-kegiatan yang dilakukan Kelompok tani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang dilakukan oleh Balai Penyuluh Kecamatan (BPK) agar semuanya bisa terpantau dengan baik,” terang Budiono.

Sementara ketua komisi C DPRD Kab. Batang Sunarto, dalam kunjungan ini menyamaikan rasa terimakasih atas sambutan dan wawasan yang telah diberikan kepada DPRD Kab. Batang dalam meningkatkan produksi pertanian. “ Dan semoga ilmu yang didapat dalam kunjungan kerja hari ini bisa bermanfaat di Kab. Batang setelahnya melakukan kunjungan kerja ini,” hara Sunarto. Kunjungan ini ditandai dengan pertukaran cinderamata dari Kab. Ngawi ke Kab. Batang.