Select Page

abatjgrg

Remaja merupakan kelompok sosial berisiko terkait penularan HIV AIDS namun berbagai penelitian menunjukkan bahwa mereka tidak memiliki pengetahuan memadai. Hasil Riskesdas 2010 menunjukkan pengetahuan tentang HIV AIDS pada usia 15-24 tahun 75,10% pernah mendengar tentang HIV AIDS hanya 11,4% yang memiliki pengetahuan benar dan komperhensif (target MDGs 95%). Fakta tersebut harus disikapi dengan makin gencarnya upaya penyebarluasan informasi dan dengan sasaran yang diperluas. Sehubungan dengan hal tersebut Puskesmas Jogorogo mengadakan kegiatan ” PENYULUHAN AKU BANGGA AKU TAHU (ABAT) HIV AIDS”. di sekolah setingkat SD, SMP dan SMA di Wilayah Kerjas Puskesmas.

Meningkatnya pengetahuan yang benar dan komperhensif tentang HIV AIDS pada segmen usia 15-24 tahun sehingga diharapkan Terbentuk sikap non diskriminatif pada kelompok sasaran,Terbentuk kesadaran berperilaku mencegah penularan terbentuk kesadaran berperilaku memperoleh pertolongan pengobatan.

Penyebarluasan informasi mengenai HIV AIDS antara lain melalui kampanye ABAT (Aku Bangga Aku Tahu) di mana melalui kampanye ABAT ini sasaran (usia 15-24 tahun) diharapkan memiliki pengetahuan yang benar dan komperhensif tentang HIV AIDS. Kaum muda usia 15-24 tahun diharapkan dapat menjaga dirinya agar tidak tertular HIV, tidak diskriminatif kepada penderita HIV AIDS, bagi yang berperilaku berisiko akan menyadari kondisinya dan memeriksakan diri untuk mendapatkan pertolongan yang dibutuhkan dan bagi yang telah tertular akan mendapatkan pertolongan sehingga dapat menjalani kehidupan dan tetap berkarya.