Select Page
AA

Pembukaan Rakerkes di R.M Duta 1

Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi  menggelar Rapat Kerja Kesehatan (Rakerkes) Tahun 2016 di Rumah Makan Duta 1, Ngawi. Kegiatan Rakerkes Tahun 2016 ini dibuka secara resmi oleh Bupati Ngawi Budi Sulistyono. Kegiatan tersebut dihadiri pula Wakil Bupati Ony Anwar , Sekretaris Daerah siswanto, Plt Dinas  Kesehatan ,SKPD yang terkait sektor kesehatan Bappeda , KB, Bag.Kesra, Sekretaris, Kepala UPT Dinkes se-Kabupaten Ngawi, Pengelola Program di Dinas Kesehatan serta UPT dan Organisasi Profesi Bidang Kesehatan.

Budi Sulistyono dalam sambutannya menyampaikan bahwa Rakerkes ini merupakan langkah strategis dalam menjaga kesinambungan program antara Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Puskesmas dalam menghadapi isu-isu strategis masalah kesehatan. Dengan demikian Dinas Kesehatan bisa memenuhi hak dasar masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Mengacu pada Undang- undang No 36 tahun 2014 tentang kesehatan serta terkait dengan Perpres No 2 tahun 2015 tentang RPJMD 2014-2019 maka wewenang pada UU No 36 tahun 2014 mengharuskan Kabupaten untuk mencapai salah satu agenda Nawa Cita yaitu Peningkatan Kualitas Hidup Manusia Melalui Program Indonesia Sehat Dengan Prioritas Promosi dan Prevenstif. Lebih lanjut Bupati mengatakan dengan adanya peran tersebut Kabupaten Ngawi  melalui Dinas Kesehatan akan mengupayakan penataan Puskesmas melalui kebijakan standarisasi dan kebijakan tentang struktur organisasi, akreditasi dan rujukan dengan tujuan meningkatkan pelayanan publik serta meminimalisasi permasalahan yang terjadi. ” Dengan Peningkatan peran Puskesmas dan masyarakat secara optimal diharapkan akan mendukung juga tercapainya derajat kesehatan masyarakat Kab. Ngawi “, terang Bupati.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kesehatan Agus Sri Gunawan dalam acara ini menyampaikan bahwa Rakerkes tahun 2016 ini bertema ” Keluarga Sehat Pilar Utama Pembangunan” dengan harapan rapat ini bisa meningkatkan keterpaduan komunikasi, integrasi yang berkesinambungan antara Dinas Kesehatan dengan pihak terkait yang mendukung pelaksanaan kesehatan di Kab. Ngawi. Sehingga secara komprehensif pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat Ngawi lebih baik secara kualitas pelayanan maupun keterjangkauan pelayanan kesehatan di Kab. Ngawi. Acara pembukaan Rakerkes ini ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Ngawi.