Select Page

DSC08567

Ngawi – Kelompok Bina Keluarga Balita Nusa Indah Desa Dawu Kecamatan Ngawi masuk dalam nominasi 3 besar Lomba Bina Keluarga Balita (BKB) tingkat Propinsi Jawa Timur 2016. Tim Penilai dari Propinsi Jawa Timur melakukan penilaian BKB Nusa Indah di Balai Desa Dawu Selasa (05/04), untuk menentukan Juara BKB tingkat Propinsi Jawa Timur. Kedatangan Tim Penilai yang diketuai oleh Henny Diniwati diterima oleh Wakil Bupati Ony Anwar .

Saat penilaian BKB Nusa Indah benar-benar menghipnotis Tim Penilai Propinsi Jatim.  Bagaimana tidak, diawal acara tim beserta rombongan disambut oleh tari orek – orek yang dibawakan oleh anak-anak dengan riang gembira. Hal ini merupakan cerminan eksistensi BKB Nusa Indah pada kesehariannya.

Ony Anwar dalam sambutannya mengatakan bahwa Bina Keluarga Balita  merupakan salah satu upaya pembinaan yang ditujukan kepada keluarga melalui kegiatan di kelompok BKB khususnya dalam aspek – aspek pengasuhan (asuh,asih,asah). Kegiatan ini dilakukan oleh lingkungan yang baik keluarga, masyarakat, mitra kerja dan lembaga keagamaan dalam rangka pembinaan tumbuh kembang anak. Yang paling penting dari kegiatan BKB adalah membantu meletakkan dasar sikap, pengetahuan, ketrampilan yang diperlukan keluarga dalam pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak secara optimal.

“Pemerintah Kabupaten Ngawi selalu berkomitmen mensukseskan program – program yang bertujuan mewujudkan ketahanan keluarga salah satu diantarnya kegiatan kelompok Bina Keluarga balita Nusa Indah yang ada di Desa Dawu ini ” ucap Wakil Bupati.

Ony Anwar mempunyai harapan, kedepan kelompok kegiatan Bina Keluarga Balita khususnya yang ada di Kabupaten Ngawi dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan sumber daya manusia, seperti kita ketahui bahwa sumberdaya manusia merupakan salah satu modal dasar pembangunan.

Di akhir sambutan Wakil Bupati mempunyai pantun untuk Tim Penilai Bina Keluarga Balita Provinsi Jawa timur ” Mbah Lurah Ngunjuk Kopi, BKB Nusa Indah Mugo – mugo Juara Siji “.

Ketua Tim Penilai Henny Diniwati dalam sambutannya menyatakan, kegiatan ini diharapkan dapat menggugah peran serta seluruh komponen masyarakat. “ Melalui lomba BKB ini, akan meningkatkan peran serta masyarakat khususnya pasangan usia subur untuk ikut ber-KB” harapnya. Selain itu diharapkan pula keberhasilan kelompok BKB ini dapat dijadikan acuan oleh kelompok BKB lainnya. karena pada dasarnya lomba BKB tersebut bertujuan agar masyarakat dan keluarga memahami, mengikuti dan mengelola program KB secara mandiri dalam rangka mewujudkan keluarga bahagia dan sejahtera.

Henny Diniwati sangat mengapresiasi atas keberhasilan Kelompok Bina Keluarga Balita Nusa Indah, BKB Nusa Indah merupakan sebuah kebanggaan bagi semua jajaran PKK, Kabupaten Ngawi, Kecamatan Paron dan Desa Dawu. Semoga atas prestasi Kelompok Bina Keluarga Balita Nusa Indah masuk nomiansi 1 dari tingkat Propinsi Jawa Timur. Kami Tim Penilai dari Propinsi Jawa Timur setelah melakukan penilaian di kabupaten Ngawi ini akan melakukan penilaian lagi di Kabupaten Madiun dan Kabupaten Nganjuk, tambahnya.