Select Page

DSC_0268

Ngawi – Ratusan peserta mengikuti gerak jalan untuk memperingati Hari Pahlawan 2015 yang mengambil rute Monumen Suryo hingga Alun-Alun Ngawi, Sabtu (21/11). Dalam pemberangkatan acara gerak jalan Monumen suryo – Ngawi ini hadir Pj Bupati Ngawi Sudjono dan Uspinda Ngawi.

Kepala Disparyapura mengatakan, kegiatan ini telah menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Ngawi untuk mengenang jasa para pahlawan dalam meraih kemerdekaan bangsa dan mempertahankan keutuhan NKRI. Pesertanya adalah perwakilan dari semua sekolah tingkat menengah pertama (SMP) hingga atas (SMA) sederajat dan juga seluruh instansi pemerintah dan swasta yang ada di Kabupaten Ngawi dan jumlahnya mencapai ribuan orang. Jarak tempuh kegiatan ini mencapai sekitar 20 kilometer, yang dimulai dari Wana Wisata Monumen Suryo dan berakhir di Alun-Alun Kota Ngawi. Kegiatan ini dimulai sekitar pukul 09.00 WIB pagi hingga selesai.

Menurut dia “pemilihan lokasi yang menggunakan Monumen Suryo, beralasan karena Gubernur Suryo yang merupakan Gubernur Jawa Timur pertama, adalah salah satu sosok simbol dari kegigihan seorang Pahlawan dalam mempertahankan keutuhan NKRI pada masa pemberontakan PKI di Madiun tahun 1948” ujar Anwar Rifai.

Pj Bupati Ngawi Sudjono dalam sambutannya, pelakasanaan lomba gerak jalan tradisional ini dimaksudkan dengan tujuan untuk membentuk karakter yang tanggguh bagi generasi muda di Kabupaten Ngawi dan memberikan semangat teladan kepahlawanan yang pantang menyerah di segala medan bagi generasi muda.

Lomba gerak jalan tradisional ini merupakan tradisi tahunan sebagai promosi pariwisata di Ngawi dan mempromosikan SKPD/Dinas, Badan, Kantor serta sekolah SMP/Mts,SMA/SMK, Ormas dan Organisasi Keagamaan yang ada di Kabupaten Ngawi.

Sudjono juga berharap, kegiatan lomba gerak jalan tradisional tahun ini diharapkan banyak peningkatan dari segi kualitas dan segi jumlah peserta. Karena kegiatan ini tidak hanya melatih fisik, tetapi juga mental kedispilanan yang dapat membentuk karakter seseorang, khususnya melatih kedispilnan dan kepemimpinan.

Sementara, pelaksanaan gerak jalan Monumen Suryo-Alun-Alun Ngawi yang melalui jalur provisi Jalan Raya Ngawi-Solo, sempat membuat arus lalu lintas di jalan tersebut macet. Meski demikian, petugas polisi dari Satuan Lalu Lintas Polres Ngawi dapat mengatasinya hingga semuanya berjalan lancar.