Select Page

aa

Ajang pameran dan kontes batu akik yang bertajuk “Pameran Batu Akik Nusantara” yang bertempat di Gedung Eko Kapti Kab.Ngawi, dibuka secara resmi oleh Bupati Ngawi Budi Sulistyono, pada senin 27 juli 2015 dan bertepatan dengan hari  jadi Kab.Ngawi  ke-657 tahun. Pembukaan pameran yang akan berlangsung selama 3 hari dimulai dari tanggal 27 hingga 30 juli 2015, pembukaan pameran dan kontes batu akik tahun 2015 itu ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati.

Sebanyak 52 peserta yang mendaftar pada kegiatan ini untuk berlomba memperlihatkan keindahan batu mulia yang mereka miliki. Rangkaian acara ini juga meliputi bidang dan keahlian seperti pameran batu akik, kontes batu lokal, Kontes umum, dan lomba mengasah batu. Ucap ketua Panitia penyelenggaraan batu akik.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Ngawi mendukung terselenggaranya acara ini. Dengan adanya kegiatan ini merupakan upaya menyatukan pengrajin batu akik, pengguna batu akik, dan sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang sumber daya alam yang ada di Kabupaten Ngawi ini, seperti batu akik yang memiliki nilai jual yang tinggi,” kata Bupati. Kanang (sapaan akrab Bupati) menambahkan, acara ini tentunya berdampak pada peningkatan ekonomi pengrajin batu akik, penambang batu, dan pedagang batu cincin itu sendiri.

“Dan ini membuka lapangan kerja baru di sektor industri kreatif,” Selain itu, di Kabupaten Ngawi juga mempunyai potensi batu akik yang cukup melimpah dan prospeknya sangat menjanjikan bagi masyarakat sebagai mata pencaharian baru. Hal ini juga berpotensi membuat peluang usaha baru jika dikelola dengan baik serta akan berdampak positif pada kehidupan ekonomi masyarakat. Orang nomer satu di Kab.Ngawi  juga memberikan apresiasi kepada panitia yang telah terselenggarakan pameran dan kontes batu akik ini. Dengan adanya acara ini dapat mendorong produktifitas masyarakat di segala bidang menjadi prioritas utama Pemerintah Daerah. Batu akik ini merupakan salah satu bidang yang sangat prospek mendorong produktifitas ekonomi masyarakat kita melalui pengembangan usaha kecil dan menengah. Sekaligus acara ini juga bertepatan dengan hari jadi Kab.Ngawi  yang sudah berusia 657 tahun.

Bupati  juga berharap adanya pameran dan kontes batu akik ini selain menjadi ajang silaturahim diantara sesama pecinta batu akik, juga untuk mengangkat citra batu alam lokal daerah Ngawi  selain itu  acara ini juga diharapkan sebagai ajang promosi potensi daerah yang kita milliki.