Select Page

1

Ngawi- Ziarah makam leluhur, bagi jajaran Pemkab Ngawi sudah menjadi agenda rutinitas tiap tahunnya. Diantaranya makam Pahlawan, Makam RM Tumenggung Poerwodiprodjo (Bup. Ngawi 1887-1902), Makam R. Adipati Kertonegoro, Makam Patih Pringgo Koesoemo serta Makam R.Patih Ronggolelono dan Putri Cempo. Hal ini tidak bisa ditinggalkan, karena sangat penting, kegiatan ini sebagai salah satu tradisi dalam memperingati Hari Jadi Kabupaten Ngawi ke- 657, sebelum melakukan segala kegiatan yang berkaitan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Ngawi, terlebih dahulu Bupati Ngawi, Ir. H. Budi Sulistyono menggelar acara ziarah ke makam para leluhur. Dikarenakan kegiatan ini bertujuan untuk mengenang dan mendoakan para leluhur yang dahulu telah berjasa dalam memperjuangnkan Kabupaten Ngawi  menjadi merdeka dari para penjajah, khususnya dari penjajahan Belanda.

Acara ini dilaksanakan pada hari Senin 15 Juni 2015 yang diikuti oleh Unpimda (Unsur Pimpinan Daerah) Kabupaten Ngawi,  Kepala SKPD Kabupaten Ngawi, Camat Se-Kabupaten Ngawi, dan beberapa Kepala Desa, serta beberapa Kepala Sekolah. Ziarah ini dimulai dari makam Raden Tumenggung Poerwodiprojo yang terletak di Desa Kauman diteruskan ke Makam Pringgo Koesumo yang terletak di Desa Ngawi Purba Kecamatan Ngawi, kemudian dilanjutkan ziarah ke makam PH Kertonegoro yang terletak di Kecamatan Sine, Patih Ronggo Lono dan Putri Cempo yang terletak di Kecamatan Ngrambe.

Dalam ziarah ini, Bupati Ngawi, Ir. H. Budi Sulistyono bersama Uspimda melakukan tabur bunga dan doa bersama di setapa makam leluhur yang dikunjungi. Acara ini berlangsung dengan lancar, sederhana dan penuh kesakralan.

Di sekitar Makam PH Kertonegoro, Kecamatan Sine terlihat banyak warga sekitar dan anak-anak kecil baris berjajar di jalan masuk sekitar makam untuk menyambut rombongan Bupati yang akan naik ziarah melewati jalan tersebut. Mereka terlihat sangat antusias dan penuh ceria ingin melihat Bupati kesayangan rakyat secara lebih dekat.