Select Page

Ngawi – Penulis Buku Dukut Imam Widodo didampingi Bupati Ngawi Budi Sulistyono secara resmi melaunching Buku Ngawi Tempo Doeloe bertempat di Pendopo Wedya Graha, Jumat (29/05).

Buku setebal 360 halaman tersebut merupakan dokumentasi penting yang memuat peristiwa-peristiwa bersejarah di Kabupaten Ngawi, mulai jaman prasejarahpemerintahan hayam wurukhindia belandapenjajahan jepang hingga perjuangan tahun 45″.

Dalam pengembanganya kedepan Buku tersebut akan diterjemahkan kedalam bahasa Inggris supaya dikenal oleh dunia Internasional, “Saya punya mimpi agar ngawi bisa dikenal di dunia internasionalsaya sanggup menterjemahkan buku ngawi tempo doloe ke dalam bahasa inggris.

Selain buku ngawi tempo doloe akan disusun lagi buku yang berjudul ngawi bertutur yang berisi tentang kearifan-kearifan lokal ngawi.

Sementara Bupati Ngawi Budi Sulistyono dalam kesempatan tersebut mengatakan Ngawi mempunyai kekayaan alam yang luar biasa, gunung, air terju dan budaya. Tinggal bagaimana kita menggali kesemuanya itu menjadi sumber kemakmuran bagi bangsa dan masyarakat Ngawi. Sautu contoh alun-alun yang dulunya biasa-biasa sajasetelah kita sulap sekarang menjadi centra perputaran ekonomi masyarakatSeperti halnya buku inijika tidak kita gali sekarang akan semakin tertumpuk dan semakin hilang“.

Untuk menggali kekayaan tersebut dibutuhkan inovasi dan kreatifitas, “selama ini kita terjebak di dalam rutinitas sehari-hari yang mengenakkan, maka semua harus bangkit untuk menuju ngawi yang spektakuler”.

Kegiatan tersebut diakiri dengan bedah buku bersama Seniman, Budayawan serta Penganut Kepercayaan.