Select Page
Gus

Manaqib Kubro Bareng Gus Ipul

Ngawi, Masjid Baiturrahman Kabupaten Ngawi, Senin (16/02/2015) malam, dipenuhi masyarakat dari berbagai daerah yang menghadiri manaqib kubro bersama Rais Aam Idarah Aliyah Jam’iyyah Ahlit Thariqah al-Mu’tabarah an-Nahdliyah (Habib Muhammad Luthfi bin Ali Yahya).

Perhelatan akbar tersebut digelar sebagai ajang silaturahim para ulama dan habaib se-Jawa Timur (Jatim). Tampak hadir Wakil Gubernur Jawa Timur Drs.H. Saifullah Yusuf, Bupati Ngawi Ir.H.Budi Sulistyono,Wakil Bupati Ony Anwar ST,MH dan USPIMDA Kabupaten Ngawi.

Jamaah yang hadir baik dari dalam dan luar kota berikut santriwati di sekitar pesantren Kabupaten Ngawi, larut dalam sholawat, tasbih, tahlil, dan doa. Mereka dengan dominasi pakaian putih ini, memadati halaman Masjid Baiturrahman yang tak lagi mampu menampung luapan jamaah. Pada acara manaqib kubro yang dibuka dengan lantunan ayat Al-Quran yang dimulai sehabis solat magrib sampai selesai.

Bupati Ngawi dalam hal ini menyampaikan ucapan selamat datang kepada Waki Gubernur Drs.Saifullah Yusuf mengatakan dengan diadakannya manaqib kubro ini diharapkan bisa berdampak positif bagi masyarakat Kab.Ngawi dan Provinsi Jawa Timur. Lebih lanjut Kanang (sapaan akrab Bupati Ngawi)  dalam sambutan di acara manaqib kubro menambahkan, posisi pemerintah dan para tokoh sekarang ini sejajar. Oleh karena itu sudah seharusnya untuk saling mengisi dan memberi masukan yang konstuktif demi terwujudnya masyarakat yang demokratis.  Beliau juga menginginkan kegiatan-kegiatan keagamaan hendaknya diperbanyak, agar masyarakat mendapat pencerahan hati di bawah bimbingan para ulama dan kiai.

Dalam acara ini Gus Ipul (sapaan akrab Waki Gubernur Jawa Timur) juga memberikan sambutan dan tausiah singkat kepada jamaah manaqib kubro yang berada di masjid Baiturrohman. Dalam tausiahnya orang nomer dua di Prov.Jatim ini mengatakan agar  uamat islam bisa saling menghormati antara kelompok satu dengan kelompok lainnya agar umat Islam ini bisa bersatu dan berdiri dengan kuat. Diakhir sambutan dan tausiahnya  Gus Ipul menginginkan agar semua masyarakat yang hadir di acara manaqib kubroh ini mau mendoakan agar Jawa Timur bisa lebih baik lagi. Acara manaqib kubroh ini dilanjutkan dengan ceramah dari Habib Lutfi bin Yahya.