Select Page

DSC_0101

Ngawi – Menteri Pertanian Amran Sulaiman kunjungi Kabupaten Ngawi pada selasa (27/1) di 2 tempat yaitu Desa Legundi Kecamatan Karangjati dan Lapangan Desa Karas Kecamatan Geneng. Di Desa Legundi Amran meninjau perbaikan dan pembuatan bendungan, dan di Desa Keras Kecamatan Geneng mengecek lokasi penyerahan 1000 hand traktor kepada gabungan kelompok tani se – Jawa Timur yang akan di serah langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Untuk mewujudkan swasembada pangan pertanian dalam tiga tahun mendatang salah satu permasalahan produktivitas pangan pertanian yang paling menonjol adalah pembangunan saluran irigasi. Saat melihat pembangunan bendungan di Desa Legundi Andi Amran Sulaiman sempat terkejut menyaksikan kondisi bendungan tersebut dan mendapatkan fakta bahwa bendungan tersebut sudah tidak mendapat perbaikan selama bertahun tahun. Ini masalah irigasi yang yang perlu kita perhatikan baik Pemerintah Daerah maupun Pusat. Dalam kondisi normal bendungan tersebut dapat mengairi sebanyak 800an Hektar area lahan pertanian. Target untuk irigasi akan kita perbaiki dalam tiga tahun yang mana satu tahun irigasi untuk 1 juta Ha.

Selain itu Pemerintah juga akan memberikan 1000 hand traktor dan pompa air kepada kelompok tani se – jatim yang akan diserah langsung oleh Presiden. Pemberian alat pertanian ini juga bertujuan untuk mendukung program swasembada pangan dalam tiga tahun ke depan.

Bupati Ngawi Budi Sulistyono menyatakan untuk mencapai wujudnya swasembada pangan pertanian di perlukan sebuah irigasi yang baik seperti pembangunan irigasi di legundi, selain irigasi masalah bibit dan pupuk juga diperhatikan. Target Kabupaten Ngawi untuk meningkatkan pangan 15 persen dari sekitar 800 ribu ton menjadi 950 ribu ton gabah kering giling pada tahun 2015.