Select Page

00000000

Ngawi – Dalam rangka upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Jawa Timur secara berkesinambungan melakukan langkah-langkah untuk mendorong perbaikan dalam pelayanan publik dengan memberikan stimulasi dan semangat perbaikan pada unit-unit pelayanan publik, salah satunya adalah melalui pelaksanaan penilaian pada unit-unit pelayanan publik yang memiliki kinerja pelayanan yang baik. Melalui peningkatan kualitas pelayanan publik secara terus menerus dan sistimatis, diharapkan akan dapat memperbaiki citra pemerintah di mata masyarakat. Karena dengan kualitas pelayanan yang semakin baik maka kepuasan dan kepercayaan masyarakat akan dapat diwujudkan

Pada hari Selasa ,16 September 2014 telah dilakukan penilaian terhadap Rumah Sakit Umum Soeroto Ngawi tentang Pelayanan Publik Percontohan di Tingkat Propinsi Jawa Timur. Penilaian ini dilakukan sebagai implementasi reformasi birokrasi menuju tata kelola pemerintahan yang baik dan demi meningkatkan mutu pelayanan kepada Masyarakat.

Tim seleksi unit pelayanan publik Pemerintah Propinsi Jawa Timur tiba di RSU Soeroto di sambut oleh Sekda Kabupaten Ngawi Drs. Siswanto, MM dan Kepala RSU Soeroto Ngawi Dr. Pujiono. Tim ini terdiri dari perwakilan biro Organisasi Setda Prop Jatim adapun yang menjadi sasaran Tim seleksi untuk Kabupaten Ngawi adalah Pelayanan Publik Percontohan Rumah Sakit Umum Soeroto Ngawi.

Dalam sambutannya Sekda Drs. Siswanto, MM berharap kepada RSU Soeroto Ngawi dalam penilaian pelayanan publik ini yang dinilai untuk dinimba ilmu, konsultasi dan mohon arahannya tentang hal yang terkait dengan upaya peningkatan kinerja pelayanan publik. Berilah informasi, refrensi dan bahan apa saja yang diperlukan untuk di evaluasi nanti supaya dapat menghasilkan sebuah rekomendasi dan solusi yang mampu mengangkat dan meningkatkan performance kita dibidang pelayanan publik.

Siswanto mengharapkan, kepada unit pelayanan publik agar melakukan pembenahan dan panambahan kualitas pelayanan. Peningkatan ini dapat dilakukan dengan meningkatkan inisiatif, inovatif, dan  pola kerja, sehingga ketika penilaian nanti betul-betul sudah siap. Selama ini, aparatur sebagai penyedia pelayanan publik dinilai masyarakat masih kurang memberikan pelayanan maksimal. Sikap dan perilaku masa bodoh, senang melempar tanggung jawab, tidak antisipatif, dan kinerja rendah menjadi permasalahan penyedia pelayanan publik. Sedangkan masyarakat  menuntut pelayanan berkualitasnya.

Ketua Tim Penilai pelayanan publik dalam sambutannya, Pelaksana penilaian unit pelayanan publik percontohan Jatim tahun 2014  merupakan rangkaian pembinaan dan peningkatan kualitas pelayanan publik sebagai sarana evaluasi kemajuan peningkatan kinerja pelayanan publik terhadap kinerja unit pelayanan publik yang telah menunjukkan kinerja terbaik, perlu diberikan penghargaan  oleh pemerintah sebagai sarana motivasi semangat peningkatan kinerja kualitas pelayanan publik.

Pemberian penghargaan merupakan langkah strategis dalam rangka mendorong upaya perbaikan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik ialah dengan memberikan stimulus atau motivasi, semangat perbaikan dan inovasi pelayanan serta melakukan penilaian untuk mengetahui gambaran kinerja yang yang obyektif dan unit pelayanan.