Select Page

oooooooooooooooo

Ngawi –  Jatim Specta Night Carnival merupakan bagian acara dari Parade seni budaya Jawa Timur 2014 yang mana kabupaten Ngawi menjadi Tuan Rumah dalam acara ini. Acara Parade seni budaya Jawa Timur 2014 sengaja di kemas  dengan Spektakuler dengan tema “Jatim Specta Night Carnival”. Sejak Kabupaten Jember sukses menggelar Jember Fashion Carnaval (JFC), banyak kota yang mencoba menirunya. Pawai budaya menjadi wabah, Seperti Kabupaten Banyuwangi membuat acara serupa yang kemudian sukses dengan nama Banyuwangi Ethno Carnival (BEC). Sementara kota-kota lain gagal bersaing dengan JFC, mungkin hanya Surakarta yang lumayan berkibar dengan Solo Batik Carnival (SBC).

Jatim Specta Night Carnival yang diselenggarakan di Kabupaten Ngawi di ikuti oleh 30 Kabupaten / Kota Se – Jawa Timur yang disajikan berupa seni arak-arakan, fashion street, dan kendaraan hias yang semuanya menekankan pada garapan artistik, atraktif bersifat kolosal dengan latar belakang sejarah, legenda, cerita rakyat atau babad, serta kesenian rakyat di daerah masing-masing yang dianggap spektakuler ditampilkan malam hari.

Dalam Jatim Specta Night Carnival di buka langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf. Dalam sambutannya  saat membuka acara beliau menegaskan bahwa acara Jatim Specta Night Carnival merupakan bagian dari acara Parade Seni Budaya Jawa Timur 2014 yang diselenggarakan di Ngawi ini merupakan kegiatan yang ke-9 kalinya. Sebelumnya, telah dilakukan secara bergilir dari kabupaten satu ke kebupaten lain dan dari kota satu ke kota lain. Kegiatan serupa pernah dilakukan juga di Banyuwangi, Jember dan Surabaya namun dilaksanakan pada siang hari. “Parade seni dan budaya yang ditampilkan ini dapat menjadi tontonan sekaligus tuntunan kepada masyarakat untuk terus melestarikan budaya asli daerah.

 Ditempat yang sama Saifullah Yusuf Wakil Gubernur Jawa Timur sebelum melepas peserta karnaval menekankan bahwa parade budaya merupakan identitas dari sebuah bangsa sesuai etniknya. Bahkan Jawa Timur akan terus mempertahankan dalam menggelar parade budaya sehingga nantinya menjadi seni tradisi satu-satunya di Indonesia. Ia mengatakan, kesuksesan parade ini yakni terlihat daribanyaknya peserta pawai yang menampilkan berbagai macam kesenian maupun budaya sejarah di setiap Kab/Kota seluruh Jatim yang dikemas dengan cerita pendek namun dapat difahami secara baik oleh masyarakat.

Budi Sulistyono Bupati Ngawi sendiri menuturkan dari perkembanganya kreatifitas budaya di Kabupaten Ngawi menunjukan perkembangan yang  cukup pesat dibanding dari beberapa tahun sebelumnya. Setelah Kabupaten Ngawi sukses meraih Rekor Muri seni tari Orek – Orek  dan Wayangan kini Ngawi kembali eksis dalam acara seni juga yaitu Jatim Specta Night Carnival. Tahun 2014 ini Kabupaten Ngawi  berhasil dengan mengusung tema Ngawi Spektakuler, acara Jatim Specta Night Carnival merupakan acara yang besar yang di ikuti oleh Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur dan Pertama kali di laksanakan malam hari di Kabupaten Ngawi ini.