Select Page

padang bulan

Ngawi- Kemeriahan HUT Kabupaten Ngawi Ke-656 sangat terasa meriah dengan diadakannya pentas Seni Padang Rembulan. Acara ini dimeriahkan oleh berbagai tarian khas Ngawi yang dibawakan oleh para pelajar mulai dari tingkat TK,SD, SMP, dan SMA. Dalam Festival Seni Padang Rembulan yang baru pertama kali diadakan di Kabupaten Ngawi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kab.Ngawi  yang dilaksanakan di lapangan Merdeka Ngawi.(21/062014)

Dalam acara Seni Padang Rembulan ini dihadiri langsung oleh Bupati Ngawi, Sekertaris  Dinas Pendidikan Prov.Jawa Timur, Sekertaris Daerah dan para kepala SKPD se-Kab.Ngawi . Acara makin terasa meriah dengan persembahan berbagai tarian yang disuguhkan kepada para tamu undangan dan para penonton yang memenuhi area lapangan merdeka Ngawi. Setelah dimanjakan berbagai pertunjukan tari  Sekertaris Dinas Pendidikan Prov.Jawa Timur Sucipto,SH.M.Si menyampaikan sambutan mengenai diadakannya pagelaran Seni Padang Rembulan yang kali ini diadakan di Bumi Orek-orek (Kab.Ngawi) beliau sangat terkesan dengan apa yang telah ditunjukkan Kab.Ngawi dalam mempersiapkan pagelaran seni kali ini mulai dari anak-anak TK dan SD yang menyambut kedatangan sampai  mengiringi para rombongan ke tempat  acara. Sucipto berharap agar Kab.Ngawi  di tahun depan berkena untuk mengadakan pagelan Seni ini di Kab.Ngawi.

Pada kesempatan ini Bupati  Ir.Budi Sulistyono juga memberikan sedikit sambutannya bahwa Pagelaran Seni Padang Rembulan ini diharapkan akan berkembang menjadi suatu wadah apresiasi sekaligus ajang silaturahmi antar pelajar dalam suatu bingkai pertunjukan kesenian. Karena kesenian ini merupakan bentuk karya cipta manusia yang dipergunakan untuk mengkomunikasikan pengalaman jiwa yang dialami baik langsung maupun tidak langsung. Melalui Gelar Seni ini diharapkan juga sebagai saran pembangunan karakter  anak sesuai dengan Instruksi Bupati No 1 tahun 2014 mengenai  “Sekolah Ramah Anak”. Budi Sulistyono memberikan apresiasi yang sangat tinggi yang mendukung kegiatan ini (Dinas Pendidikan Prov.Jatim dan Dinas Pendidikan Kab.Ngawi) dan para pelajar serta sekolah yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dalam akhir sambutannya Bupati berharap agar kegiatan ini bisa dilanjutkan untuk tahun- tahun yang akan datang. Dalam kesempatan ini Bupati juga berkenan membuka acara Pagelaran Seni Padang Rembulan dengan memukul  gamelan bersama dengan Sekdin Dinas Pendidikan Prov.Jatim,Sekda Kab.Ngawi, dan Kepala Dinas Pendidikan Kab.Ngawi.

Acara Gelar Seni Padang Rembulan ini diteruskan dengan pagelaran seni Ketoprak dan Pagelaran Drama yang mengangkat judul “ADIPATI RONGGO LONO”.