Select Page

 

Ngawi  21 Mei 2014 di Pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi di selenggarakan Lomba Bercerita Rakyat Asal-usul Desa di Wilayah Kabupaten Ngawi, Lomba Perpustakaan SMP/MTs,  dan Lomba Implementasi Budaya Baca Melalui Uji Cerdas SMA/MA/SMK. Acara ini dihadiri perwakilan dari Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Jawa Timur, Dra Maya Agustin MM,  Wabup Ony Anwar,ST,MH, dan pejabat terkait, serta dihibur grup tari Sahita dari ISI Surakarta.

DSC_0020b

Maya Agustin menjelaskan bahwa penumbuhan minat baca masyarakat gencar dilaksanakan di Provinsi Jawa Timur melalui Badan Perpustakaan dan Arsip Jawa Timur mendengungkan misi  “Gemar Membaca dan Tertip Arsip”  yang diharapkan  akan nampak hasilnya pada tahun 2019. Selaras dengan Pemerintah Provinsi Jatim, pemkab dan pemkot juga menggalakkan gerakan ini. Penghalang minat baca masyarakat adalah faktor budaya,  dimana saat ini kita dipengaruhi oleh budaya barat dan timur, dan menjadi tugas kita untuk melengkapi dengan budaya baca dan tulisan. Ada 4 aspek yang perlu diperhatikan dalam lomba minat baca masyarakat, yaitu:

  1. Koleksi bahan pustaka
  2. membangkitkan minat baca
  3. mendorong kebiasaan membaca
  4. membangun budaya baca

Dalam sambutanya Bupati Ngawi Ir. Budi Sulistyono  ( diwakili Wabup Ony Anwar ST,MH) mengatakan bahwa nilai-nilai luhur dari cerita asal-usul desa adalah modal pendidikan untuk membentuk berkarakter anak cucu atau generasi kita dan  Perpustakaan merupakan tempat berita dan sumber  informasi yang akan mendorong peningkatan minat baca anak-anak dan masyarakat.