Select Page
DSC_0030

Sambutan kepada Tim Penilai Lapang Lomba Gotong Royong

Ngawi– Desa Babadan Kecamatan Paron masuk dalam nominasi Juara Lomba Gotong Royong Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2014. Kabupaten lain yang juga dinominasikan adalah Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Lamongan. Proses penilaian dilakukan dalam tiga tahapan yaitu tahap Administrasi, Presentasi dan Peninjauan lapangan, yang terdiri dari 4 indikator atau bidang, yaitu bidang Kemasyarakatan, Ekonomi, Sosial Budaya, dan Agama serta Bidang Lingkungan.

Sekda Kabupaten Ngawi Drs. H. Siswanto. MM mewakili Bupati Ngawi mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai Lapang Pelaksanaan Gotong Royong Terbaik Provinsi  Jawa Timur tahun 2014 di Desa Babadan Kecamatan Paron. Desa Babadan,  pada tahun ini menjadi ikon untuk mewakili Kabupaten Ngawi mengikuti penilaian pelaksanaan Gotong Royong Terbaik se-Jawa Timur.

Pemilihan Desa Babadan tentu bukan tanpa alasan, sebagaimana maklum bahwa Desa Babadan adalah salah satu Desa yang dalam kehidupan masyarakatnya sehari-hari senantiasa menghidupakan dan melestarikan sikap dan budaya gotong royong yang terwujud dalam setiap aktivitas masyarakatnya.

Dalam sambutannya Drs, H. Siswanto, MM Sekda menekankan betapa semangat gotong royong sejalan dengan pencanangan Kabupaten Ngawi pada tahun 2014 untuk mewujudkan Ngawi Berprestasi dan Spektakuler. Tentunya untuk mewujudkan Ngawi yang berprestasi dan Speaktakuler tidak dilakukan oleh beberapa orang atau beberapa elemen saja, akan tetapi semua individu, kelompok, lembaga serta semua elemen harus ikut berpartisipasi secara terpadu.

Kepada Tim Penilai Lapan, Drs. Siswanto, MM Sekda Ngawi juga memperkenalkan seputar lokasi penyelenggaraan kegiatan hari ini yakni bertempat di Palenggahan Agung Srigati yang dipercaya oleh masyarakat setempat merupakan peninggalan kebesaran Kerajaan Majapahit. Disamping memiliki nilai sejarah, Srigati juga dikenal sebagai lokasi wisata spiritiual yang sudah mendunia terbukti dengan banyaknya pengunjung dari mancanegara yang kerap datang ke Srigati.

Di akhir sambutan Sekda Ngawi berharap pelaksanaan Penilaian Pelaksanaan Gotong Royong Terbaik Tingkat Propinsi Jawa Timur dapat semakin memupuk dan menggelorakan semangat gotong royong dalam jiwa masyarakat tidak hanya di Desa Babadan akan tetapi juga di Kabupaten Ngawi guna mendukung pembangunan sehingga Ngawi Berprestasi dan Speaktakuler dapat tercapai yang pada akhirnya nanti bisa mewujudkan masyrakat Ngawi yang sejahtera.

Ketua Tim Penilai Tingkat Provinsi Jawa Timur  Suryaman, saat meninjau Desa Babadan mengatakan, lomba gotong royong tahun ini merupakan tahun ketiga yang bertujuan untuk mendorong masyarakat berpartisipasi melakukan gotong royong yang saat ini perlahan mulai ditinggalkan. menurut Ketua Tim Penilai Tingkat Provinsi Jawa Timur pemenang juara 1 nantinya berpotensi dilombakan kembali di tingkat nasional.

DSC_0087

Tim Penilai didampingi Tokoh Masyarakat Desa (berbusana Adat Jawa)

Suryaman juga menjelaskan, proses penilaian lomba gotong royong berdasarkan surat keputusan Gubernur Jawa Timur tentang tim lomba, yakni kabupaten/kota menyampaikan kepada provinsi, perwakilan atau Desa yang pernah mendapat juara tingkat kabupaten/kota untuk dikirim ke tingkat provinsi. Beliau menegaskan bahwa pada prinsipnya Desa Babadan sudah siap untuk semuanya. Dalam istilah beliau, sudah siap menang Tingkat Provinsi Jatim dan Siap merebut juara Nasional. Semoga !