Select Page

Ngawi – Setiap hari Rabu dan Sabtu pagi para ibu dan bapak yang tergolong lansia melaksanakan kebugaran jasmani melakukan senam pagi yang dinamai senam Borutu bertempat di halaman Pendopo Wedya Graha Kabupatan Ngawi. Betapa asyiknya para lansia ini dengan semangat membara bersenam ria menirukan instruktur senam.

DSC_0037

Peserta Lansia Putri Melakukan Gerakan Senam BORUTU

Senam Borutu merupakan olahraga yang cocok bagi lansia karena dapat memacu kerja jantung-paru dengan intensitas ringan-sedang, bersifat menyeluruh dengan gerakan yang melibatkan sebagian besar otot tubuh, serasi sesuai gerak sehari-hari dan mengandung gerakan-gerakan melawan beban badan dengan pemberian beban antara bagian kanan dan kiri tubuh secara seimbang dan berimbang.

DSC_0039

Para peserta Senam BORUTU Lansia aktif mengikuti gerakan Senam

Senam Borutu merupakan olahraga ringan dan mudah dilakukan tidak memberatkan yang diterapkan pada lansia. Aktifitas olahraga ini akan membantu tubuh agar tetap bugar dan tetap sehat, Senam Borutu ini dilaksanakan sudah bertahun-tahun dan untuk masyarakat umum. Senam pagi dimulai jam 05.45 sampai dengan selesai. Dengan senam borutu secara teratur, para lansia akan memperoleh kebugaran fisik, karena melatih tulang tetap kuat, mendorong jantung bekerja optimal. (Humas Pemkab Ngawi)