Select Page
DSC_0508 copy

Bupati dan Waki Bupati Ngawi tengah membersihkan abu vulkanik

NGAWI – Bupati Ngawi, Ir. Budi Sulistyono dan Wakil Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono, ST. tampak beberapa kali menyingsingkan lengan dan bergerak aktif mengendalikan selang penyemprot air. Beliau berdua terlihat bersemangat secara bergiliran berpindah dari satu titik ke titik lain sambil menyemprotkan air dari selang Truk PMK Kabupaten Ngawi. Pagi pada hari ini, Senin 17 Februari 2014, ujung selatan alun-alun Ngawi tiba-tiba menjadi pusat perhatian publik, betapa tidak, Bupati Ngawi, sebagai penggagas, memimpin langsung kegiatan kerja bakti dalam rangka membersihkan debu-debu vulkanik dari hasil letusan Gunung Kelud beberapa waktu yang lalu. Satu unit armada PMK dan satu truk tangki pengangkut air dari BPBD dimanfaatkan untuk menyisir dan membersihkan debu-debu vulkanik yang masih tersisa. Pembersihan dilakukan mulai dari ujung alun-alun sebelah selatan hingga sekitaran halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Ngawi.

DSC_0303 copy

Sekda Ngawi Drs. H. Siswanto, MM. tengah membersihkan gerbang

Sebagaimana diketahui, pada hari Kamis (13/2/2014) sekitar pukul 23.00 Gunung Kelud mulai meletus dan mengeluarkan ratusan ribu kubik material vulkanis. Suara ledakannya sangat dahsyat, terdengar hingga di Kota Kediri yang berjarak 45 km dari kubah lava. Abu vulkanik yang diletupkan ternyata banyak yang mengarah ke barat dan selatan. Alhasil, dua hari setelah letusan tersebut, suasana di Kota Ngawi dan sekitarnya dipenuhi oleh rintik abu vulkanik. Abu serupa debu lembut melekat di berbagai media infrastruktur dan relatif sulit untuk dibersihkan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Ngawi, Drs. H. Siswanto, MM. juga tampak aktif dalam kegiatan ini bersama Djono, SH.,MH. (Kepala BKD Ngawi), Drs. Yulianto (Inspektorat Ngawi), Drs. Purwono (Staf Ahli), Dra. Martatik (Kabag. Umum),  Totok Sudaryanto, SH, MH. (Kabag. Humas), dan Drs. Prasetyo (Kabag. Organisasi) serta beberapa pejabat Eselon III dan IV yang lain.

DSC_0566 copy

Masyarakat dan Bupati Ngawi dalam kegiatan bersih-bersih abu vulkanik

Bupati, Wakil Bupati dan para pejabat yang terlibat, sambil tetap menggunakan seragam KORPRI, tanpa canggung menggerakkan dan mengarahkan nozzle penyemprot air dan sesekali bahkan turut membersihkannya. Bapak Ir. Budi Sulistyono bahkan beberapa kali menyapu air yang mengalir  dengan menggunakan sapu lidi gagang tinggi. Kondisi ini tentu saja cukup mengundang perhatian masyarakat sekitar dan para pengguna jalan yang kebetulan melintasi jalur tersebut. Mereka mungkin tidak menyangka bahwa diantara para pekerja bakti tersebut ada para pejabat penting daerah yang sedang beraktivitas di tempat tersebut. Benar juga, akhirnya beberapa tokoh masyarakat yang kebetulan melintas, menyempatkan diri untuk sekedar turut terlibat dalam kegiatan tersebut, beberapa dari mereka bahkan turut bersama Bupati Ngawi memegang nozzle selang penyemprot air. Penuh kesan. (Humas)