Select Page

DSC_0054 editNgawi, Bupati Ngawi Ir. H. Budi Sulistyono meresmikan MCK++ Program Sanitasi Berbasis Masyarakat untuk KSM Makmur Jaya di lingkungan Sidomakmur Kelurahan Ketanggi, dan KSM Persada Ingasrejo di Dusun Ingasrejo Desa Beran yang disatukan di Ketanggi.( Rabu, 15 Januari 2014)

Acara ini dihadiri oleh Bupati Ngawi dan Wakil Bupati Ngawi, Setda dan Kepala Satker terkait. Menurut PPLP Provinsi Jawa Timur, ada 18 Dati II yang mendapat bantuan MCK++, termasuk Kabupaten Ngawi. MCK++ ini dilengkapi IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah), Ruang Kantor yang nantinya untuk mengelola sarana MCK, Gudang, Taman, dan  TPA (Tempat Pemrosesan Akhir) yang dilengkapi dengan alat berat bolduzer.

Dalam sambutannya Bupati Ngawi Ir. Budi Sulistyono mengatakan bahwa kebersihan dan kesehatan lingkungan merupakan salah satu indikator kualitas hidup suatu masyarakat karena dengan lingkungan yang bersih hidup kita akan lebih  sehat, bersemangat dan aktivitas untuk mencukupi kebutuhan hidup juga akan lebih baik. Ketersediaan MCK merupakan salah satu kebutahan dasar masyarakat dalam memenuhi kesehatan lingkungan, sesuai dengan persyaratan MDGs. Pemerintah Ngawi mencanangkan Ngawi terbebas dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Upaya yang dilakukan adalah pemberian penyuluhan/sosialisasi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), penyuluhan/sosialisasi tentang Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), pembangunan MCK dan pemberian bantuan kloset. Progress ini diakhir tahun 2013 Kab.Ngawi memiliki 2 Kecamatan dan 93 Desa sudah ODF, prosentase jumlah rumah tangga yang memiliki jamban sudah mencapai 78,7%

Bupati berharap setelah peresmian, MCK++ ini dapat difungsikan dapat difungsikan dan dikelola dengan sebaik-baiknya agar dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan mandi, mencuci dan buang air besar. (Humas Pemkab Ngawi)