Select Page

Jatim Siap Produksi Massal Mobil ListrikPT Grain sebuah industri mobil di Jatim akan memproduksi secara massal mobil elektrik yang rencananya diluncurkan secara langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 20 Mei 2013 mendatang.

“Sekarang prosesnya sudah berjalan dan tidak lama lagi akan diresmikan bersamaan dengan Hari Kebangkitan Nasional mendatang,” kata Kadisperindag Provinsi Jatim Budi Setiawan, Sabtu (9/2/2013).

Menurut dia, produksi mobil elektrik ini didukung penuh pemprov dan menjadikan sebagai yang pertama di Indonesia. Hampir setengah persen pekerjanya berasal dari tenaga Indonesia. “Lokasinya berada di Kabupaten Gresik. Tenaga kerjanya 40 persen warga Indonesia, sisanya berasal dari pekerja beberapa negara. Ini akan menjadi sebuah terobosan memajukan industri mobil di dalam negeri,” ujarnya.

Mobil elektrik yang diproduksi terdiri dari beberapa jenis,  antara lain Multi Purpose Vehicle (MPV), Pick Up dan City Car. Beberapa merk dan jenisnya yakni Elvi Ravi, Elvi Hevi, Elvi Hivi, dan Elvi Suvi. “Harganya terjangkau karena hanya berkisar sekitar Rp100 juta-an. Ini yang pertama di Indonesia dan pemerintah wajib mengapresiasi hasil karya anak bangsa,” tuturnya.

Pihaknya juga akan membangun stasiun pengisian listrik mengantisipasi kemungkinan kehabisan daya elektrik selama perjalanan. Hanya saja, Budi menyatakan tersedia beterai sehingga tidak perlu khawatir kehabisan daya di tengah jalan.

Sementara itu, Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyatakan, siap menggunakan mobil elektrik ini sebagai mobil dinas bagi pejabat di lingkungan pemprov Jatim. “Kalau memang layak maka otomatis akan dijadikan mobil dinas, sehingga tidak perlu keluar biaya berlebihan. Selain harganya terjangkau, yang paling membanggakan adalah mobil ini sebuah karya anak bangsa,” pungkasnya. (www.beritajatim.com)