Select Page

BUPATI NGAWI MENYERAHKAN BANTUAN COMBINE HARVESTER DALAM ACARA PANEN RAYAKamis, 21 Pebruari 2013 Bupati Ngawi Ir. Budi Sulistyono menyerahkan bantuan 10 unit Combine Harvester (mesin pemotong padi) pada Kelompok Gapoktan yang tersebar  di 1o kecamatan di Kab. Ngawi dalam acara panen raya Gapoktan Margo Lestari Desa geneng Kec. Geneng Kab. Ngawi

Bupati Ngawi dalam sambutannya  mengatakan, ” Agar mesin pemotong padi dimanfaatkan dengan bijak agar tidak menimbulkan gejolak sosial sebagai akibat hilangnya mata pencaharian buruh panen atau tukang erek dan tukang thethek di wilaya setempat dan penerima bantuan agar memanfaatkan alsintan seoptimal mungkin dan merawatnya dengan baik. Selain itu setiap Gapoktan disubsidi Bupati sebesar 100 juta dengan syarat harus pinjam di BPD Jatim Cab. Ngawi sebagai modal untuk membeli hasil panen anggota Gapoktan,   sehingga tengkulak gabah dari luar kabupaten tidak bisa masuk dengan demikian nilai jual gabah dan beras akan tinggi dan derajat kehidupan petani di Kab. Ngawi meningkat. Bupati juga akan meberikan bantuan tempat pengering gabah  pada setiap Gapoktan”, ungkapnya.

Ketika ditemui wartawan Kapas, Kadin Pertanian, Tanaman Pangan & Hortikultura Ir. Marsudi, MM  mengatakan, “Kabupaten Ngawi merupakan salah satu lumbung padi di Jatim sebagai apresiasi pihaknya memberikan bantuan berupa benih, pengawalan teknologi dan sarana-prasarana berupa alat mesin pertanian. Dinas Pertanian, Tanaman Pangan & Hortikultura berhak memindahkan alat pemotong padi (Combine Harvester) jika dalam waktu 6 bulan alsintan tidak dimanfaatkan oleh Poktan/Gapoktan kepada kelompok lain yang lebih membutuhkan dan lebih bertanggungjawab”, ujarnya. (www.majalahkapas.com)