Select Page

Untuk meningkatkan wawasan dan prestasi generasi muda di bidang pariwisata, Dinas Pariwisata (Disparta) Jawa Timur kembali menggelar pemilihan Duta Wisata Raka-Raki 2013. Rencananya, pemilihan Raki-Raki Jatim akan diikuti 38 daerah/ kota Jatim
Menurut Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata (PSDP) Jatim, Rosmianti mengatakan, ajang pemilihan duta wisata tahun ini Pemprov Jatim berharap sektor pariwisata mempunyai peran besar dalam mendongkrak perekonomian.
Lebih lanjut wanita ini mengatakan, pemilihan Duta Wisata Raka Raki acara tahunan merupakan salah satu sarana pemerintah untuk mempromosikan potensi pariwisata Jatim kepada masyarakat luas maupun wisatawan mancanegara. “Yang terpilih nanti, kita persiapkan untuk mempromosikan wisata Jatim, ini supaya, dengan adanya duta wisata jumlah kunjungan wisatawan semakin meningkat,” ujarnya dikonfirmasi Kamis (3/1)
Menurutnya, ajang pemilihan duta wisata bertujuan mengembangkan bakat, kemampuan, dan krativitas generasi muda berprestasi di bidang pariwisata khususnya dijatim
“Dengan adanya kegiatan seperti ini, kegiatan mereka menjadi positif. Semua keterampilan dan bakat yang dimiliki bisa ditampilkan untuk keluar menjadi yang terbaik,”tambahnya.
Selain itu, tujuan pemilihan duta wisata ini juga untuk menyiapkan duta wisata yang mempunyai wawasan dan mampu serta berperan dalam pembangunan pariwisata Jatim. “Anak-anak muda merupakan generasi penerus, jadi mereka harus dilatih bagaimana menjaga warisan budaya leluhur, selain menjaga mereka juga dituntut mampu mempromosikan daya tarik wisata. Ini karena, potensi wisata jatim sangat besar,”ungkapnya.
Lebih lanjut ia menjelaskan, proses pelaksanaan pemilihan duta wisata ini dimulai dengan pendaftaran peserta dimulai 17 Januari dan grand final Februari di Grand City Surabaya.
Peserta yang berhak mendaftar adalah mereka yang lolos sebagai juara pertama dalam seleksi duta wisata yang dilakukan pemerintah kabupaten/kota se-Jatim. Proses selanjutnya, panitia melakukan liputan profil masing-masing duta wisata perwakilan kabupaten/kota. (kominfo.jatimprov.go.id)