# “ NGAWI SPEKTAKULER CYCLING 2014” I.    LATAR BELAKANG Dalam rangka pencanangan NGAWI SPEKTAKULER 2014 dan bersamaan dengan memperingati Hari Koperasi Tahun 2014 serta untuk memperkenalkan Potensi Wisata Alam di Kabupaten Ngawi, Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Kabupaten Ngawi bekerja sama dengan Gerakan Koperasi se Kabupaten Ngawi akan menyelenggaran kegiatan olah raga bersepeda dengan rute Ngawi – Jamus dengan mengundang Komunitas […]

Wakil Bupati Buka Seminar Batik

Salah satu acara dalam rangka Hari Jadi Ngawi ke-654 dan HUT Ke-67 Proklamasi Kemerdekaan RI adalah seminar batik yang menghadirkan narasumber dari Jakarta dan Pencetus batik bola dari solo. Acara ini di gelar kamis (12/07) yang bertempat di Gedung Serba Guna Eko Kapti Ngawi. Sebelum mengawali seminar ada peragaan busana oleh model dari muda-mudi Ngawi pecinta batik khas Ngawi.

Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar, ST mengatakan, seminar ini selain sebagai agenda untuk menyambut Hari Jadi Ngawi ke-654 dan HUT ke-67 Proklamasi Kemerdekaan RI, juga merupakan momen penting untuk kebangkitan batik Ngawi. Karena beberapa wilayah di Kabupaten Ngawi banyak memiliki potensi batik yang perlu dikembangkan. “Dengan adanya seminar ini, maka para pembatik di Ngawi bisa lebih maju dan mengetahui asal-usul batik dari Kabupaten Ngawi,” terang Wakil Bupati.

Sebagai narasumber dari Jakarta dan Solo pakar ahli di bidang batik diharapkan bisa ikut mempopulerkan batik Ngawi, sehingga nantinya bisa dikenal oleh masyarakat luas.

Menurut Wakil Bupati, sebenarnya para perajin batik di Ngawi bisa lebih maju lagi dibanding lainnya, asalkan saja masyarakat punya niat untuk mengembangkan batik tersebut. Pemerintah Kabupaten Ngawi juga akan mencoba mengembangkan batik banyu biru. Batik juga berkembang di semua kecamatan salah satunya adalah kecamatan paron.

Pemerintah Kabupaten Ngawi juga memiliki komitmen untuk bekerja bersama dengan masyarakat untuk membangun industri batik Ngawi menjadi lebih baik. Karena batik nantinya bisa mengembangkan potensi dan ekonomi masyarakat Ngawi. “Wakil Bupati yakin batik Ngawi bisa lebih berkembang jika (para perajin) mau bekerja lebih keras. Selain itu juga bisa lebih mendunia. Untuk itu kita harus saling mendukung untuk mengembangkan batik asli Ngawi,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perindustrian Kabupaten Ngawi, sebagai panitia penyelenggara Seminar batik dalam Laporan ketua panitia mengatakan bahwa seminar batik yang mengambil tema Potensi dan Peluang Pengembangan Batik Khas Ngawi dan Kiat Sukses Menjadi Pengusaha Batik. Tujuannya untuk penganekaragaman dan pengembangan industri batik khas Ngawi, agar menembus pasar dengan memenuhi selera konsumen.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat pada produk-produk batik, karena di Kabupaten Ngawi banyak perajin batik yang terus mengembangkan batik khas Ngawi. Dengan adanya seminar tersebut, diharapkan tercipta ragam hias batik etnis daerah yang mempunyai ciri khas dan keunikan masing-masing. Selain itu juga nantinya dapat menambah nilai pendapatan asli daerah serta menjadi salah satu produk cindera mata khusus Kabupaten Ngawi.(humas ngawi)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+