Select Page

Sambut datangnya tahun baru Islam,1 Muharram 1433 Hijriah, ribuan pelajar sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah negeri serta pelajar setingkat SLTA se Kecamatan Paron ramai-ramai mengadakan pawai taaruf, Sabtu (26/11) . Pawai menyambut 1 Muharam 1433 Hijriah ini diselenggarakan dan merebutkan tropy Camat Paron, Drs.Suradji Supriono.

“Start di mulai dari halaman MTsN Paron dan finish dihalaman kantor Kecamatan Paron, di ikuti 49 regu terdiri dari TK dan RA 26 regu, SD dan MI 14 regu dan setingkat SLTP serta SLTA ada 9 regu” papar Mashudi, panitia acara.

Kostum yang dipakai peserta begitu beragam dan mencerminkan suasana Islami. dampak beberapa peserta memakai pakaian ihram dan ada pakaian ala para Wali Sanga penyebar agama Islam di tanah Jawa. “Pada dasarnya pawai taaruf ini sebagai contoh yang patut dimaknai dengan sikap introspeksi, mawas diri serta sikap bersahaja untuk merencanakan upaya peningkatan kualitas keimanan serta moralitas,” tambah Mashudi. Kemudian Umi Mutiah, salah satu guru yang mendampingi murid-muridnya, mengaku memilih tema baju para wali agar tercipta suasana Islami, dengan tujuan merekat ikatan silahturahmi dan semangat syiar islam juga mulai dirasakan oleh anak-anak.

Pawai ta’aruf ini disaksikan oleh ribuan masyarakat Kecamatan Paron dan juga mendapat pengawalan dari aparat kepolisian. Di belakang barisan pawai tampak juga pengawalan mobil kesehatan untuk mengantisipasi jatuhnya peserta karena panasnya terik matahari. “Kita sengaja menggelar pawai taaruf yang sudah menjadi agenda rutin setiap tahunya yang tujuanya antara lain untuk memotivasi kaula muda khususnya kalangan remaja, agar bisa memaknai setiap pergantian tahun dengan berbagai kegiatan yang bernuansakan Islami,” jelas Camat Paron, Drs.Suradji Supriono.(sinarngawi)