Select Page

ANTISIPASI ARUS MUDIK,JALUR RUSAK MULAI DIPOLES
NGAWI-Pengguna jalan menjelang dan beberapa hari pasca Lebaran dipastikan melonjak.Mengantisipasi kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan balik,jalur-jalur yang rusak dan diwarnai banyak lubang mulai dibenahi. Di antaranya,jalan sepanjang Karangjati-Mantingan dan Geneng-Ngawi.
”Petugas-petugas DPU(Dinas Pekerjaan Umum,Red) provinsi sudah turun tangan.Dua pekan ini mereka melakukan pembenahan di berbagai jalan yang menjadi tanggung jawab provinsi,”terang Sudarno,kabid Pemeliharaan Jalan dan Jembatan DPU,kemarin(9/8).
Menurut dia,renovasi diutamakan di jalur-jalur yang kerusakannya parah.Kemudian,jalan yang permukaan aspalnya tidak rata atau bergelombang.Hal itu untuk mengefektifkan jangka waktu penuntasan.Mengingat,dua pekan lagi arus mudik diperkirakan sudah mulai terasa. Perbaikan ditarget paling lambat rampung H-7. ”Seminggu sebelum Lebaran harus sudah tuntas.Sebab, arus mudik biasanya sudah padat.Bila tidak segera diselesaikan bisa membuat macet arus mudik,” paparnya.
Kata dia,jalur Mantingan-Karangjati merupakan akses utama pemudik.Tak hanya dijejali mobil pribadi yang bernopol Jakarta,Bandung dan Semarang,pemudik yang menggunakan sepeda motor diperkirakan juga meningkat tajam.Tak salah bila renovasi diprioritaskan di jalur yang kerap menimbulkan kecelakaan dan kemacetan tersebut.”Pengalaman tahun lalu saja,banyak sekali mobil pribadi yang melintas.Bisa jadi untuk lebaran ini jumlahnya akan lebih banyak,”urainya.
Sementara,jalur lingkar Ngawi atau ring road timur diperkirakan sudah bisa kembali dioperasikan menjelang Lebaran nanti.Secara fisik,pembenahan jembatan yang melintang di atas Sungai Madiun itu sudah tuntas. Kendaraan pribadi sebagian sudah bisa melintas. ”Pengoperasian menunggu kewenangan Dishub Jatim. Hanya saja,mengacu pada perencanaan awal,Lebaran sudah bisa dioperasikan,”kata Soehandoko,sekretaris Dinas Perhubungan(Dishub).
Selama ini,arus lalu lintas dialihkan ke jalur tengah kota.Khusus angkutan berat tidak boleh melintas Jalan PB Sudirman.Sementara,bus umum diwajibkan melewati ring road barat.”Sudah konsekuensinya.Sebab,Jalan PB Sudirman sendiri juga baru saja diperbaiki,” ungkapnya.(radarmadiun.co.cc)